18 Desember 2008

Realita reality show


Pernah nonton reality show kan?!

Sekitar 5 tahun lalu, genre tontontan semacam ini lagi booming bgt di Indonesia. Yang termasuk trendsetter nya nih, Katakan Cinta, di RCTI. Nah, 2 tahunan ini televisi dah mulai sepi dari reality show, tapi nyatanya beberapa bulan ini banyak reality show baru bermunculan. Kalo yang satu ini, trendsetter nya dari SCTV yang sudah nayangin banyak Reality Show “Asam Manis Cinta” nya sejak beberapa tahun lalu, yang kemudian banyak diikuti oleh stasiun TV lain, yang baru ada beberapa bulan belakangan.

Ngomongin soal genre tayangan ini, aku sudah agak-agak males ngliatnya. Karena nyatanya nih banyak bgt yang ternyata sudah diskenario-kan. Disusun sedemikian rupa supaya lebih dramatis. Contohnya nih, pas jaman dulu, Katakan Cinta masih booming-boomingnya, ada satu teman kuliah ku yang ditembak senior. Tapi kenyataannya, ternyata gak jadian beneran kok. Cuman pengin dapat hadiahnya aja. Begitu juga dengan cerita teman SMU ku yang ditembak ma teman seangkatannya. Padahal aku tau bgt, temen SMU ku tuh dah punya pacar. Hhh…desas-desus juga bilang, kalo ternyata itu juga permintaan dari pihak TV, yang penting ada yang ngisi acaranya, kali ya…


Nah, untuk yang Asam Manis Cinta nya SCTV, duluuu aku sukanya yang CLBK. Oops ..tapi sudah nggak lagi begitu tahu klo itu sudah dibikin script-nya sedemikian rupa. Yang aku ingat nih, ada episode yang saat itu, nayangin Tika T2 balikan lagi ma mantannya pas SMU. Tapi, beberapa minggu kemudian, aku ngeliat Tika, ada di infotainment, pacaran ma Arie Dwi Andhika sudah 2 tahunan umur pacarannya (waktu itu masih pacaran). Nah lo, jelas kan klo ternyata ternyata CLBK nya yang bohong…. Klo untuk Asam Manis Cinta yang lain, seperti Cinlok, Kontak Jodoh, wah nggak bgt deh. Keliatan bgt klo didramatisir, rite?!

Setelah dah nggak minat lagi nonton reality show apapun itu, beberapa bulan lalu, di tengah-tengah discuss ma salah satu temanku, dia cerita klo habis nonton salah satu reality show baru di RCTI, dan begini komentarnya “Makin nemen (parah, ed.) aja ya reality show jaman sekarang. Masa ada yang nglaporin bapaknya jalan ma temennya, dan ketauan nginep di hotel bareng. Bukannya itu malah buka aib keluarga?” . Masih belum minat nonton walau ndenger ceritanya , beberapa minggu yang lalu, salah satu temanku yang lain bilang, klo Termehek-Termehek (aku bener2 gak kepengin ngliat awalnya, denger judulnya aja aneh..), merupakan salah satu reality show yang bagus, karena presenternya ikutan menyelesaikan masalah, bukan asal bikin masalah tambah ‘panas’. Merasa penasaran, dua minggu lalu, aku ngliat acara ini, dan saat itu episodenya tentang seorang cewek yang mau ngembaliin cincin dari selingkuhannya yang nggak jelas alamat ‘n rumahnya dimana….awal, tengah cerita, seru, karena si cewek sempat bertengkar ma tunangannya selingkuhannya, tapi, ending nya….Waduh, ternyata selingkuhannya amnesia, habis kecelakaan.. Oh, it’s bad ending, isn't it? Gak seru, bukan?! Jadi, curiga nih, jangan-jangan gak ada cerita lain, sehingga dibikin ending amnesia, semacam sinetron. Hehehe3x.

Minggu lalu, aku nonton lagi Termehek-Mehek. Episode ini lumayan seru. Cerita tentang seorang pria yang punya 2 WIL, padahal dah punya istri dan anak. Hmm..bener apa kata temenku, klo memang ini kejadian nyata, bukannya ini malah bikin semua orang tahu permasalahan mereka. Dan malah bikin tambah ruwet masalah, plus malu… (Ngomong2 soal Termehek-mehek nih, aku barusan aja iseng googling, dan menemukan sebuah posting tentang tayangan ini di sini)

Sepertinya tugas Komisi Penyiaran Indonesia lebih banyak lagi ini, selain harus mengatur tentang sinetron dan infotainment (jangan cuma Empat Mata yang berhasil dicekal. Dari dulu sinetron dan infotainment cuma diprotes, tapi gak pernah dicekal..)

Aku penasaran, seperti apa sih, cara kerja mereka, jadi pengin mampir jadi crew nya, atau pura-pura jadi klien nya… wink

Btw, apa reality show favorit kamu?

1 komentar on "Realita reality show"

Anonim mengatakan...

wie...kapan2 ikut termehek2, tar aku ngilang tolong dicari yaa...hahaha... Kemaren ada temennya Om ku yang disuruh akting untuk termehek2..jadi heboh 1 kompleksnya. Menurutku, acara kayak gitu murni dijadikan sebagai hiburan aja,,daripada nonton sinetron yang nggak jelas sampe berapa episode dan isinya cuma jahat2an aja.. (Ditha)

Posting Komentar

 

My PLayGround Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal


This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates