21 Desember 2008

Salary : Fact and Ideal


Saya sudah membaca artikel ini beberapa minggu yang lalu di blognya mas Anjar, dan mendownloadnya. Begitu membaca artikel ini, hati saya campur aduk, antara surprise dan miris. Di artikel ini, seorang Customer Service Officer (CSO) Bank, diberikan standar gaji yang lumayan besar, yaitu Rp 3.000.000-6.000.000. Saya kurang tahu, pakah standar ini adalah standar gaji seorang CSO di Jakarta, yang notabene biaya hidupnya lebih tinggi di kota-kota lain di Indonesia. Namun, jika memang iya, anggaplah, gaji di Surabaya ini 25% lebih rendah dari Jakarta, maka standar gaji CSO di Surabaya adalah Rp 2.250.000-4.500.000. Berbekal obrolan dengan teman saya yang bekerja di BCA, dengan pengakuan bahwa gajinya adalah Rp 1.6 juta-an, serta BRI (melalui outsourcing) juga dengan kisaran yang sama, maka terlihat, bahwa perusahaan masih belum menghargai SDM nya.

Pengalaman saya yang sempat diterima kerja di Bank Pensiunan di Madiun, melalui outsourcing, sebagai Teller, dengan gaji Rp 919.000 (Dengan outsourcing, bank, dan posisi yang sama untuk penempatan Surabaya, gaji Rp 1,1 juta), kemudian saya bandingkan dengan Standar Kelly Services ini. Teller Bank, menurut Kelly, disebutkan bergaji Rp 2.000.000-2.500.000. Jika dengan perumpamaan yang sama, bahwa gaji di Jakarta 25% lebih tinggi, maka sebenarnya gaji yang pantas untuk Teller adalah Rp 1.500.000-1.875.000



Dalam artikel ini juga disebutkan bahwa komoditas terbesar yang sangat membantu perekonomian Indonesia saat ini adalah dari perusahaan energi, bank dan finance, serta telekomunikasi. Teman saya, yang baru saja diterima kerja di Philips (Lampu), Surabaya, dalam program Manajemen Trainee menyebutkan bahwa, gaji yang dia terima adalah Rp 2, 8 juta plus tambahan Rp 4.500/hari untuk tunjangan transportasi (Hmm..dibawah harga bensin/liter, bahkan yang sudah turun harga 2x), dan Rp 1.500/hari untuk presensi/kehadiran. Teman saya tersebut berada satu level dengan Material Planner yang standar gajinya Rp 2.000.000-4.000.000. Jika dengan perumpamaan yang sama antara gaji Jakarta dan Surabaya, maka gaji teman saya yang pantas adalah Rp 1.500.000-3.000.000. Hmm..ternyata jika diperbandingkan begini, industri selain Bank dan Finance, lebih menghargai SDM nya ya?

Ah,bagaimanapun memang miris kalau ngomongin gaji yang sebenarnya 'pantas' diberikan dari perusahaan untuk kita, dan gaji kita ternyata tidak sesuai standar. Tapi, setidaknya, punya pekerjaan sampai tahun depan dan tidak ikut kena PHK besar-besaran seperti yang ada di berita ini, sudah lebih dari kata Alhamdulillah.



Lalu, bagaimana dengan nasib saya yang masih pengangguran blogger-emoticon.blogspot.com ?

2 komentar on "Salary : Fact and Ideal"

Anonim mengatakan...

Mari kita buka usaha sendiri ! Berwirausaha, dengan penghasilan yang tidak terbatas, hahaha.. kayak orang MLM aja aku ..

"d-Wee!" on 12 Januari 2009 pukul 16.07 mengatakan...

@romanticpurple:
Wah, klo kamu sih bisa buka studio foto sendiri aja, Pung. Secara fotografer handal gitu loh :D.

Posting Komentar

 

My PLayGround Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal


This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates