26 Desember 2008

Demam Blogging (juga!)


Aku juga punya pengalaman yang sama dengan apa yang ditulis Lia. Ternyata, kita berdua lagi ngalamin demam blogging alias lagi seneng-senengnya nge-blog. Agak telat mungkin buat aku punya blog, secara trendnya dah dari kapan tahun. Meski kemaren-kemaren juga dah sempat punya blog di FS (walau, nggak rutin postingnya), tapi tenyata punya blog di domain yang emang beneran khusus buat ngeblog, ribet bgt.

Kemaren, aku sibuk banget cari template baru, buat nggantiin Thisaway-Rose ku, bawaan dari blogpsot. Sebelumnya, aku sudah nyoba untuk ganti template, dan ternyata karena belum tahu cara yang aman, gadget ku hilang semua. Padahal, buat cari gadget itu juga butuh waktu yang lama. Akhirnya, kemaren, aku coba cari template yang lebih ‘pas di hati’ dengan tak lupa untuk mendownload template lengkap dan juga mengco-pas kode HTML gadget di notepad.

Dari siang sampai sore, aku belum juga menemukan template yang sesuai. Malamnya aku teruskan lagi buat nyari. Dan, finally, aku menemukan notepad chaos di website ini. Template ini adalah template kesekian kalinya yang sudah aku coba bongkar pasang di blogku. Setelah yang lain-lainnya, punya masalah contoh yang nggak sama dengan hasil setelah didownload lah, nggak bisa ditambahin gadget macam-macam lah, masih pake kode template blogspot yang lama lah, atau nggak bisa diedit langsung font dan warna nya. Oops..ternyata, notepad chaos juga punya masalah yang sama, alias di layout->edit font and color nya kolomnya blank nggak ada sama sekali palette atau font options nya. Dan, nekatlah diriku untuk mengedit font dan warnanya di edit HTML nya langsung (karena bener2 buta). Nah, karena bener-bener newbie, aku search di google, kode warna yang ada di HTML satu persatu, lalu aku cocokkan hasilnya dengan apa yang terlihat di blogku, lalu aku ganti dengan kode warna baru, yang aku dapet dari blognya mbak Jovie. Hahaha3x..ribet ya. Mungkin kalau sudah ahli banget dalam membaca kode HTML, edit font dan warna aja cuma 5 menit, kali… Sedangkan aku, nggak kerasa asyik ngedit blog, baru tidur jam 4 pagi sad.

Yang aku masih penasaran nih, adalah mengganti judul sidebar. Seperti “Cuma Saya”, “Ketemu Saya” supaya warnanya nggak lagi hitam. Aku sudah coba ganti tapi, ternyata hasilnya nihil. Apalagi buat setting comment block author dengan comment visitor supaya beda. Dari jaman template lama sampai template baru, berbekal 3 postingannya mbak Jovie, sudah aku praktekkan tapi kok belum berhasil ya
question . Yang ada malah aku ngawur ngedit background warna nya sendiri, dan jadinya comment blocknya colourful begini, walau antara author dan visitor nya masih sama. Gpp deh, berarti mesti harus banyak belajar lagi neh wink.

Tapi, yang bikin deg-degan nih, tagihan Speedy ku bulan depan berapa ya?! Coz dah over kuota banyak, padahal bulan Desember masih tersisa 6 hari, dan yang pasti demam blogging ku masih parah blogger-emoticon.blogspot.com .

6 komentar on "Demam Blogging (juga!)"

Anonim mengatakan...

belajar html gih. belajar edit css. belajar pake hostingan yang gratisan. belajar pake software ftp client en website designer.

siapa tahu takdirmu adalah jadi website designer? :P tapi emang sih, siap2 aja tagihan internet bengkak.

aku malah ada ide gila. kalo udah lulus nanti, kita tawarin jurusan kita buat bikin official blog. ya meskipun entah kapan lulusnya...

"d-Wee!" on 27 Desember 2008 pukul 07.20 mengatakan...

@Lia:

Wah, software apaan tuh?
Gak mudeng pastinya :-(.

Btw,kamu pake software itu tha? Sudah belajar?

Unknown on 27 Desember 2008 pukul 12.35 mengatakan...

Salam kenal ^^ ,, Mari kita ngeBlog :)
d-wee telaten juga yah ngoprek template, aku kalo dah ngoprek template bisa berjam2 sambil googling cari contekan sana sini. Yang bikin asik lagi, kalo ngisengin keyword di postingan biar makin banyak pengunjung "nyasar" hehe..

"d-Wee!" on 27 Desember 2008 pukul 17.08 mengatakan...

@Romanticpurple
Haha3x. Iya neh. Terpaksa telaten supaya blog jadi lebih 'cantik'. Aku juga sering baca tutorial blog. Ada beberapa yang sudah aku praktekkan,'n berhasil, tapi banyak juga yang gagal :-(. Kayanya bisa neh berguru ma kamu yang sudah lebih ahli.

Met kenal ^_^

Unknown on 27 Desember 2008 pukul 17.28 mengatakan...

haha,, aku kalo ngutak atik sampe jungkir balik bahkan suka insomnia. Iyah ni blogku emang sengaja nggak aku kasih shoutbox, sengaja biar pada ngomenin aja artikelku. sama tujuannya emang buat belajar SEO dan adsense2nan. ok aku cantumin duluan ya..

Anonim mengatakan...

d-wee yang baik, hehe aku sudah menduga kalo kamu bakalan berkomentar seperti itu. Gak aku pungkiri kalo isi kontennya lumayan buat cowok banget, dan banyak berisi kata2 yang "menjurus". Semua itu balik ke komen ku yang ada di atas, untuk belajar SEO. Ngisenging mbah google, dengan keyword2 yang lagi "panas" atau yang memang sering dicari. Tujuanku ya mengejar visitor2 nyasar dari google, hehe. Bisa kamu lihat koq di blog ku, dari widget feedjit nya. Gara2 kemaren aku iseng pake keyword si Azhari Sister, Unique Visitorku meningkat drastis, haha, semua itu pengunjung NYASAR.

Posting Komentar

 

My PLayGround Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal


This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates