26 Desember 2008

Mengatasi Blinking Epson C45


Biar inget cara dan gampang carinya klo printerku rewel laghe…

Di zaman sekarang, internet adalah d’best problem solver 4 me. Selain buat cari bahan tugas kuliah (duluuu), atau cari review barang-barang yang mau kubeli, berhubung aku gaptek, internet juga buat mecahin masalah tentang komputer. Buat aku yang miss panic, dan ingin segala sesuatu kembali seperti keadaan sempurna a.s.a.p, komputer yang tiba-tiba jadi ‘hang’ nggak jelas adalah suatu masalah besar. Maka lebih baik mencegah daripada mengobati, pikirku. A few years ago, pas jaman virus Brontok lagi ngetrend, aku memanfaatkan internet, esp. my favourite search engine, google, buat cari penangkal virus ini, sebelum komputerku ‘sakit’ beneran. Bebas dari virus Brontok yang bikin heboh, ternyata ada virus Virtual Girl yang bikin komputerku ‘sakit’ beneran. Karena nggak tahu virus apa yang menghinggapi komputerku saat itu, aku masukkan keyword ‘peringatan dari virusnya’ di google, dan hasilnya aku menemukan beberapa result yang berhubungan. Nekat coba mbersihin virus sendiri lewat safe mode, seperti yang aku baca di website yang aku temukan. Hasilnya..jreng..jreng..memuaskan.Akhirnya, mulai saat itu kalau ada apa-apa dengan komputerku, aku memilih untuk mencoba mencarinya dulu di internet. Sekalian belajar.

Begitupun ketika tiba-tiba aja seminggu lalu, printer EPSON C45 ku tiba-tiba kedap-kedip nggak jelas. Lampu merah dan hijau nya bergantian nyala dan nggak mau berhenti. Mana lagi ada warning : Service Required blablabla… yang intinya diperlukan servis karena ada bagian dalam printer yang dah perlu diganti (Walah, ya mending beli baru *dah pengin ganti sebenernya*). Udah aku restart berulang kali komputernya, cabut pasang printer, sampe install ulang software printer tetep aja nol hasilnya. Akhirnya, kuputuskan search di google, pake keyword “Epson C45 service required” . Ah, ternyata ada banyak orang yang punya permasalahan yang sama, dan mereka menyebutnya, blinking. Aku buka sebuah forum, dan mereka menyarankan untuk install program SSC Service Utility. Beres nih, selesai sudah. Bentar lagi printerku bakalan bisa normal lagi.

Selesai install aku berniat untuk segera mempraktekkannya. Nah, lo, diapain ya, kok binun, gimana ya menjalankan aplikasi ini. Waduh, google ku beraksi laghe nih. Sekarang pake keyword “Blinking Epson C45”. Trus, nemu deh blog ini. Ternyata gini ne caranya :
  • Install SSC Service Utility
  • Hidupkan printer
  • Lalu jalankan programnya SSC Service Utility nya
  • Sesuaikan configurasinya untuk printer, untuk epson C45 bisa gunakan C4x
  • Klik kanan SSC service utility yang ada di System Tray.
  • Inkfresh : restore values back
  • Protection counter : reset protection counter
  • Kalo udah matiin printernya lalu hidupin lagi (dan biasanya printer epson kesayangan kita dah normal lagi)

Alhamdulillah, berhasil…blogger-emoticon.blogspot.com

Good job, Dewi!!! *NARSIS MODE:ON*

0 komentar on "Mengatasi Blinking Epson C45"

Posting Komentar

 

My PLayGround Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal


This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates