05 Desember 2008

Eco-Driving


Yang ini sekedar mau bagi-bagi info aja gimana cara simple buat melestarikan lingkungan kita, dengan cara menggunakan kendaraan bermotor kita dengan baik, yang aku resume dari artikel “Halaman Hijau-Eco-Driving” Intisari November 2008:

  1. Hindari jam-jam sibuk
  2. Pakai kendaraan umum atau nebeng teman, atau kalau dana mencukupi beli kendaraan yang hemat energi
  3. Ketika memanaskan kendaraan cukup dengan 30-45 detik, karena setiap pemanasan 45 menit, BBM tersedot 1 liter. Namun, juga jangan langsung memakai kendaraan dalam keadaan mesin dingin karena akan menyedot BBM 2-3 kali lebih banyak dibandingkan dengan mesin panas.
  4. Matikan mesin jika harus menunggu lebih dari 30 detik, karena restart mesin lebih hemat dibandingkan dengan mesin menyala 10 detik.
  5. Sesuaikan gigi dengan kecepatan kendaraan. Gigi 1 untuk kecepatan 0-15 km/jam, gigi 2 untuk kecepatan 15-35 km/jam, gigi 3 untuk kecepatan 35-50 km/jam, gigi 4 untuk kecepatan 50-70 km/jam, gigi 5 untuk kecepatan di atas 70 km/jam. Pindahkan transmisi ke posisi lebih tinggi secepat mungkin. Gigi transmisi tinggi menyedot BBM lebih sedikit untuk pembakaran dan menghemat 5-10% BBM. Tukar gigi ke netral jika berhenti ke lampu merah.
  6. Drive smoothly. Naek dan turunkan kendaraan dengan pergerakan yang ‘lembut’. Ngegas, ngerem, nyalip, sebaiknya dihindari.
  7. Matikan AC dan hindari muatan yang berlebihan, karena akan dibutuhkan BBM yang lebih banyak.
  8. Periksa tekanan angin secara berkala. Karena kurang angin 25% dari normal akan boros bensin 2-3% dan menambah emisi gas sampai 5%.

    Hmm…, sederhana kan, tapi ternyata banyak gunanya buat melestarikan lingkungan, dan menghemat BBM, pastinya. Sebaliknya, tanpa kita sadari kita telah membuang-buang BBM dengan percuma. Semoga setelah ini, nggak lagi…^_^

0 komentar on "Eco-Driving"

Posting Komentar

 

My PLayGround Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal


This template is brought to you by : allblogtools.com | Blogger Templates